Sunday, March 24, 2013


1. Pada Asana (padasana): Pada= berdiri,Asana = sikap sempurna.

Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap berdiri sempurna.Biasanya untuk melakukan puja tri sandya. Sikap ini bisa dilakukan oleh pria dan wanita.

2. Padma Asana (padmasana): Padma = duduk bersila,Asana = sikap sempurna.
Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap duduk bersila. Biasanya dilakukan saat sembahyang ditempat suci/pura. Sikap ini dilakukan oleh kaum pria.
3. Bajra Asana (bajrasana): Bajra = duduk bersimpuh,Asana = sikap sempurna.
Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap duduk bersimpuh. Biasanya dilakukan saat bersembahyang di tempat suci/pura. Sikap ini dilakukan oleh wanita.

4. Sawa Asana (sawasana): Sawa = mayat/menyerupai mayat,Asana = sempurna.
Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap seperti tubuh orang meninggal. Sikap ini dilakukan jika yang bersangkutan tidak bisa berdiri ataupun duduk (dalam keadaan sakit). Sikap ini bisa dilakukan oleh pria ataupun wanita.

Pranayama


Mengatur napas/pernapasan agar jalannya nafas teratur. Tujuannya untuk memperoleh ketenangan dan "membersihkan diri". Pranayama hendaknya dilakukan secara teratur tidak terputus-putus.

Tahapan Pranayama

1. Puraka = Menarik nafas secara perlahan sampai udara bersih memenuhi dada sambil melafalkan mantra di dalam
hati "Om Ang namah"
2. Kumbaka = Menahan nafas sampai dada dipenuhi udara bersih,rasakan mengaliri seluruh nadi dan pori-pori sambil melafalkan
matra "Om Ung namah".
3. Recaka Mengeluarkan nafas perlahan dari dada, rasakan udara semua keluar dari tubuh sambil melafalkan mantra "

Jika kita rutin melakukan pranayama disertai sembahyang secara rutin dan teratur,astungkara pikiran dan tubuh jadi lebih rilek,pikiran tenang dan bersih.Selamat mencoba!!

0 comments :

Post a Comment